Home » , , » Hermanto: Waspada Beras Palsu Masuk Indonesia

Hermanto: Waspada Beras Palsu Masuk Indonesia

Written By @Adimin on Sunday, May 17, 2015 | 8:55 PM

Permalink gambar yang terpasang

Bandung - Anggota Komisi IV DPR Hermanto mendesak pemerintah agar menjamin beras palsu yang diproduksi di Tiongkok tidak masuk ke Indonesia. Hal itu disebabkan masyarakat dibuat resah dengan maraknya isu beras palsu masuk ke Indonesia.

“Jaminan pemerintah ini penting untuk menentramkan masyarakat yang resah karena isu beras palsu ini," kata Hermanto dalam keterangan pers, Minggu (17/5/2015).

Menurut Hermanto, beras palsu tersebut terbuat dari bahan campuran kentang, ubi jalar, dan resin sintetis industri alias plastik. "Sejumlah negara sedang dihebohkan beras palsu ini. Selain meresahkan Tiongkok kini penjualan beras tersebut sudah menjalar ke berbagai tempat di India," ujarnya.

Penjualan beras ini tidak bisa diprediksi karena bercampur dengan beras normal. "Setelah mengkonsumsi beras tersebut, menimbulkan sakit perut dan banyak gejala lainnya," katanya.
Kalangan masyarakat yang resah telah meminta klarifikasi tentang hal ini. “Mereka butuh penjelasan dan langkah kongkrit pemerintah dalam mengantisipasi isu ini," ucapnya.

Jaminan pemerintah tidak cukup diberikan dalam bentuk pernyataan. “Disamping pernyataan pemerintah juga harus menunjukkan langkah-langkah kongkrit guna mencegah masuknya beras palsu ini ke Indonesia," katanya.

Ada dua cara beras plastik itu bisa masuk Indonesia yaitu melalui impor beras atau pasar gelap. “Dengan tidak melakukan impor beras, berarti secara tidak langsung telah menutup pintu legal bagi masuknya beras palsu itu ke Indonesia,” tambahnya. Lebih jauh ia mendesak Pemerintah agar tidak melakukan impor beras dan mendorong agar dalam mencukupi stok beras nasional menggunakan berbagai cara untuk menyerap beras/gabah hasil panen petani. "Substansi dari UU Pangan adalah kedaulatan pangan dengan kita mengkonsumsi apa yang kita produksi,” pungkasnya. [pikiran-rakyat.com]


posted by @Adimin
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. PKS Padang - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger