Home » , » Mahyeldi Ajak Masyarakat Agar Perhatikan Para Lansia

Mahyeldi Ajak Masyarakat Agar Perhatikan Para Lansia

Written By @Adimin on Friday, May 31, 2013 | 5:47 PM


PADANG - Keberadaan para orang tua lanjut usia atau lansia saat ini kurang diperhatikan dan tersisih dari kehidupan masyarakat. Bahkan banyak juga di antara mereka yang akhirnya menjadi orang terlantar. Fenomena ini terjadi, karena pergeseran nilai budaya tradisional yang dianut dalam masyarakat. Padahal dalam norma kehidupan mengajarkan, orangtua merupakan bagian dari kehidupan keluarga yang tidak dapat dipisahkan.

"Orangtua merupakan tanggung jawab anak-anak, cucu-cucunya dan keluarganya. Jangan sampai orang tua kita dikirimkan ke Panti Jompo. Karena panti jompo sebenarnya merupakan tempat bagi orangtua yang tidak mempunyai anak atau sanak keluarga untuk mengurus mereka, agar tidak terlantar," kata Wakil Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah pada Puncak Peringatan Hari Lanjut Usia Kota Padang 2013 yang berlangsung di Palanta, Rabu (29/5). 

Dikatakan, anak-anak harus memiliki kepedulian, kewajiban dan rasa tanggung jawab terhadap orang tuanya sekaligus menghormati mereka. Norma ini sekarang semakin berkurang seiring dengan kemajuan zaman. Apalagi sebagian orang yang lebih muda masih beranggapan, lansia tidak perlu aktif dalam urusan kehidupan sehari-hari. "Akibatnya hal itu makin memperburuk fungsi integritas sosial dari lansia dengan lingkungannya," papar Mahyeldi.

Pandangan inilah, menurut Mahyeldi yang semakin membuat kesenjangan antara lansia dengan generasi muda. Akibatnya, lansia hidup dalam keterasingan (Alienasi) dan merasa sepi. Dan pada akhirnya, kondisi ini menjadi penyebab tekanan jiwa atau depresi serta menurunnya daya tahan tubuh para lansia dengan segala manifestasi penyakit yang dapat ditimbulkan dikemudian hari.

Dalam hal ini, kata Mahyeldi, Pemko Padang akan selalu memberikan perhatian khusus kepada lansia dengan mendukung berbagai program untuk lansia di masing-masing satuan kerja Pemko Padang dan organisasi lainnya yang berhubungan dengan lansia. Menurut UU Lansia No. 13/1998 dijelaskan, lanjut usia di bagi dua kategori, pertama lansia potensial atau lansia yang masih mampu melakukan pekerjaan dan kategori kedua lansia tidak potensial atau lansia yang tidak berdaya mencari nafkah, sehingga hidupnya bergantung pada bantuan orang lain.

Sementara Ketua PKK Kota Padang, Mutiawati Fauzi Bahar didampingi Ketua GOW dan Ketua Dharmawanita Persatuan Padang mengatakan, lansia harus menjadi perhatian semua orang dan harus berusaha meningkatkan kemandirian para lansia dalam menjalani sisa kehidupan mereka dengan rasa bahagia, sehat dan mandiri.

Dikatakan, instansi terkait seperti camat dan lurah serta seluruh lapisan masyarakat harus berperan dalam membangun kepedulian terhadap lansia. "Untuk meningkatkan kemandirian para lansia, harus ditingkatkan kesehatan para lansia," ujar Mutiawati. (taf)

*http://fokusriau.com/berita-3786-mahyeldi-ajak-masyarakat-agar-perhatikan-para-lansia.html

posted by @A.history
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. PKS Padang - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger