Home » , , » Pantai Padang Semakin Rancak Tanpa Lapak-Lapak

Pantai Padang Semakin Rancak Tanpa Lapak-Lapak

Written By @Adimin on Saturday, November 7, 2015 | 5:32 AM

PADANG- Mulai sekarang dan seterusnya, kawasan Pantai Padang sebelah barat Danau Cimpago, Purus, telah bebas dari lapak-lapak pedagang yang semrawut. Pasalnya, ratusan personil Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dibantu Kepolisian dan TNI membongkar puluhan lapak-lapak di kawasan itu, Kamis (5/11). Pedagang juga dibantu memindahkan barang-barang mereka ke lokasi Lapau Panjang Cimpago (LPC) yang disediakan Pemerintah Kota Padang untuk menampung para pedagang yang selama ini berdagang di bibir pantai.
Menurut Walikota Padang H. Mahyeldi Dt. Marajo, pemindahan pedagang ke LPC dilakukan guna penataan Pantai Padang . ‘’Jika selama ini keberadaan lapak di bibir pantai menutupi pemandangan pengunjung ke laut lepas, sekarang pedagang lebih nyaman menikmati pemandangan Pantai Padang yang indah,’’ kata Mahyeldi.
Walikota Mahyeldi menambahkan, pembangunan LPC yang merupakan bantuan dari sejumlah perusahaan dan perbankan di Kota Padang disediakan bagi pedagang tersebut. Ada 11 blok yang terdiri dari 110 petak yang bias menampung 110 pedagang. ‘’Saat ini pembangunannya sudah hampir selesai semua dan sudah bisa ditempati pedagang. Tinggal 1 blok lagi yang dalam rencana pembangunan pada 2016 nanti,’’ imbuh Wako.
Ia berharap, dengan tidak ada lagi lapak-lapak di sepanjang bibir pantai tersebut akan membuat obyek wisata ini menjadi nyaman dikunjungi oleh keluarga baik dari Kota Padang sendiri maupun wisatawan dari luar. ‘’Kita merancang kawasan Pantai Padang sebagai lokasi wisata keluarga, untuk itu penataannya harus lebih mengacu pada konsep yang baik. Ada lokasi kuliner, jogging track dan olah raga lainnya,’’ sebutnya.
Lebih lanjut dikatakan, pada 2016 nanti akan dilanjutkan penataan Pantai Padang yang merupakan bagian dari konsep Kawasan Wisata Terpadu (KWT). ‘’Nantinya di sebelah pantai akan dibangun jalur baru sebagai akses jalan yang lebih baik,’’ kata Wako.
Terkait pembongkaran yang dilakukan siang ini, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Kota Padang Medi Iswandi mengatakan, penertiban ini sudah dibicarakan dengan pedagang sehingga tidak ada lagi penolakan dari pedagang.
‘’Kendati demikian kita tetap mengantisipasi supaya tidak timbul penolakan yang disebabkan adanya oknum yang mencoba memprovokasi pedagang. Sebab, masih ada sebagian pedagang yang tidak merasa diakomodir lantaran sebelumnya mereka merupakan pedagang yang tidak termasuk daftar Disbudpar. Sedangkan pedagang yang sebelumnya merupakan pemilik tenda ceper, kita minta untuk berkomitmen dan terlebih dulu dibina agar tidak membuka praktik-praktik yang tidak benar,’’ ujar Kadis.
Ia cukup puas dengan penertiban yang dilaksanakan karena berhasil mengosongkan kawasan pantai dari bangunan-bangunan. Pada penertiban ini juga turun Camat Padang Barat Arfian dan Muspika serta Lurah Purus Salman. (DU-HumasKotaPadang)

posted by @Adimin
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. PKS Padang - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger