Home » , » Tahun Baru Hijriyah, Pemko Padang Canangkan Hafal Quran

Tahun Baru Hijriyah, Pemko Padang Canangkan Hafal Quran

Written By @Adimin on Wednesday, October 14, 2015 | 4:18 PM

PADANG - Detik-detik pergantian tahun baru Hijriyah di Kota Padang dirayakan dengan nuansa religius. Selain diisi dengan tablik akbar dan pembacaan ayat-ayat suci Al-Quran, di awal tahun 1437 Hijriyah ini Pemerintah Kota Padang juga mencanangkan Padang Menghafal Quran dan Semarak Subuh.

Menurut Walikota Padang H. Mahyeldi Dt. Marajo, pencanangan “Padang Menghafal Quran” guna menumbuhkan kecintaan masyarakat muslim terhadap kitab sucinya. Khusunya generasi muda Islam, agar lebih memahami kandungan Al-Quran sehingga beberapa tahun yang akan datang akan lahir ratusan penghafal (Hafidz) Quran di Kota Padang.

“Menghafal Quran kita fokuskan bagi siswa-siswa semua tingkatan di Kota Padang. Mulai dari tinmgkat SD, SMP dan SMA serta kelompok majelis taklim,” ujar Walikota Mahyeldi di kediaman, Rabu (13/10).

Wako menambahkan, begitu juga dengan dicanangkannya “Semarak Subuh” diharapkan warga Muslim di Kota Padang akan lebih mengutamakan Shalat Subuh berjamaah di masjid-masjid atau mushalla di lingkungan masing-masing. “Setelah Shalat Subuh berjamaah diharapkan diisi dengan kuliah subuh sebelum melanjutkan aktifitas lain,”ungkapnya.

Terkait kegiatan mengisi detik-detik pergantian tahun, Kepala Bagian Kesra Sekretariat Kota Padang Al Amin menyebutkan, acaranya dilaksanakan di Masjid Raya Sumatera Barat pada pukul 15:00 WIB (Ashar) hingga pukul 18.30 WIB (Maghrib). “Kita mulai dengan shalat Ashar berjamaah dan nantinya diakhiri dengan shalat Maghrib berjamaah,” kata Al Amin usai melaksanakan dialog interaktif dalam siaran langsung di Stasiun RRI Padang.

Ia menambahkan, acara ini akan dihadiri oleh ribuan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemko Padang, para guru dan siswa tingkat SMA serta warga masyarakat. “Untuk tablik akbar kita undang penceramah dari Jakarta. Ustad Muhammad Akhyar Muhidin. Suara beliau sering kita dengar mengumandangkan adzan pada salah satu stasiun TV nasional,” ujar Al Amin.

Disamping itu, lanjut Al Amin, Pemko Padang juga mengundang qori berusia 15 tahun dari Bogor, yaitu M. Hani Syafiurahman. “Kendati masih muda tetapi sudah hafal 16 juz Al Quran. Ini akan menjadi motivasi juga bagi anak-anak muda kita di Kota Padang,”tukuknya.

[sumber: Humas dan Protokol Kota Padang]


posted by @Adimin
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. PKS Padang - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger