Home » » Pengamat: Jokowi Tak Paham Ketahanan Nasional

Pengamat: Jokowi Tak Paham Ketahanan Nasional

Written By @Adimin on Monday, June 23, 2014 | 5:13 PM


Jakarta - Capres Jokowi dianggap tidak paham soal ketahanan negara. Keinginan membeli drone (pesawat tanpa awak), justru membuat blunder.

Karena, drone yang menggunakan teknologi tinggi, akhirnya menyeret Jokowi untuk membuka soal penjualan Indosat era Presiden Megawati.

Menurut Suko Widodo, pengamat Komunikasi Politik dari Universitas Airlangga Surabaya, Jokowi tidak mengerti permasalahan ketahanan nasional.

“Kita tahu dia selalu membawa hal mikro ke perdebatan. Tapi kali ini fatal karena dia malah mengambil hal yang tidak dikuasai dan akhirnya jadi blunder,” kata Suko saat dihubungi, Senin (23/6/2014).

Debat capres pada Minggu (22/6/2014), kata Suko, memperlihatkan kalau sebenarnya Jokowi tidak menguasai substansi debat. 

“Jika mau mengambil hal riil yang bisa diimplementasikan, harusnya Jokowi mengambil masalah Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta (Sishankamrata),” kata Suko.

Dia menjelaskan, Sishankamrata memang produk jaman Soeharto, tapi efektif membuat negara lain segan terhadap Indonesia.

Menurut dia, jika dibandingkan membeli drone yang tidak ia kuasai, lebih kongkrit dengan program ini.

”Harusnya ambil saja yang sudah ada, asal idenya baik dan bisa diaplikasikan,” katanya.

Sishankamrata adalah pertahanan secara menyeluruh terhadap bangsa Indonesia dan melibatkan dua komponen, yaitu TNI dan rakyat Indonesia sebagai cadangan.

“Ini jauh lebih strategis bagi Jokowi daripada ambil tema drone yang kemudian menyeretnya ke masalah satelit, penjualan Indosat oleh Megawati dan lain-lain. Ini blunder dan akhirnya diolok-olok di sosial media,” kata Direktur Pusat Komunikasi Surabaya ini.

Bagi dia, tanpa disadari sebenarnya Jokowi sudah blunder berkali-kali. Justru, keinginan dia untuk membuat sesuatu kalau terpilih, susah untuk dilaksanakan.

“Ini sama halnya ketika dia mengeluarkan kartu Indonesia Sehat dan Indonesia pintar. Masyarakat tak menemukan manfaat riil dari itu apalagi sudah ada BPJS,” kata Suko.[inilah.com]


posted by @Adimin
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. PKS Padang - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger