Home » , » Gubernur Sumbar : Sumbar Bersih untuk Selamatkan Lingkungan

Gubernur Sumbar : Sumbar Bersih untuk Selamatkan Lingkungan

Written By @Adimin on Wednesday, June 18, 2014 | 3:36 PM


Padang (17/6) – Peringatan Hari Lingkungan Hidup Seluruh Dunia tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) tahun ini mengangkat isu penyelematan ekosistem pesisir dari perubahan iklim. Pemerintah Sumbar juga mengangkat isu lokal, yaitu mengenai sampah dan menggiatkan gerakan Sumbar bersih dalam peringatan yang dilaksanakan pada Senin (16/6) di Taman Budaya, Padang.

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno menyampaikan pesan Menteri Lingkungan Hidup serta mengajak masyarakat Sumbar berpartisipasi dalam gerakan Sumbar bersih. Turut hadir pula pada acara ini, Walikota Padang Mahyeldi Ansyarullah, Ibu Ida Muslim Kasim, Kepala Bapedalda, Forkopimda Provinsi, dan SKPD Provinsi dan Kota Padang.

“Program gerakan Sumbar bersih ini merupakan agenda kegiatan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar, yang bertujuan untuk memotivasi masyarakat dan kalangan swasta untuk berpartisipasi dalam meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan. Semoga dengan kegiatan yang dilakukan ini, semakin meningkatkan kepedulian kita dalam menyelamatkan lingkungan melalui berbagai upaya bersama dan tindakan nyata dengan sasaran lokasi yang mencakup seluruh fasilitas puplik, seperti pembersihan Pantai Padang,” ungkap Irwan Prayitno dalam sambutannya.

“Seluruh pihak swasta baik perusahaan dan organisasi masyarakat, diharapkan dapat menjaga kebersihan lingkungan. Guru-guru di sekolah dapat melakukan kegiatan bersih lingkungan sekolah yang bebas sampah dan menjaga lingkungan sekitar. Masyarakat juga diharapkan dapat membersihkan lingkungan, melalui gerakan Sumbar bersih yang akan dilakukan berlanjutan ini,” tambahnya.

Dalam peringatan tersebut, Kepala Bapedalda, Asrizal Asnan menambahkan hari lingkungan hidup dan gerakan Sumbar bersih yang dicanangkan Pemprov Sumbar bertujuan untuk terciptanya kebersihan lingkungan yang menyeluruh dan berkelanjutan, serta sehat melalui kegiatan pengolahan sampah dan sanitasi dilingkungan rumah tangga, lingkungan perkotaan dan fasilitas-fasilitas umum.

“Peringatan hari lingkungan hidup ini disejalankan dengan gerakan Sumbar bersih dalam bentuk goro massal yang dipusatkan di Pantai Padang bekerjasama dengan Pemerintah Kota Padang,”kata Asrizal.

Selain mempromosikan gerakan Sumbar bersih, peringatan kali ini diisi pula dengan pemberian berbagai macam penghargaan lingkungan kepada daerah, sekolah, perusahaan dan rumah sakit di Sumbar, antara lain penghargaan penyusunan buku Status Lingkungan Hidup Daerah, terbaik pertama diraih Bupati Kabupaten Dharmasraya, terbaik kedua diraih Walikota kota Padang, dan terbaik ketiga diraih Bupati Kabupaten Agam. [pks.or.id]


posted by @Adimin
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. PKS Padang - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger