Home » » Pilkada Padang Cukup Satu Putaran

Pilkada Padang Cukup Satu Putaran

Written By @Adimin on Sunday, September 29, 2013 | 7:55 PM


pkspadang.com, – Pilkada Padang harus didorong untuk bisa berlangsung hanya satu putaran saja. Di samping menghemat APBD, pilkada satu putaran akan bisa menekan tingkat kejenuhan masyarakat Padang akan pesta demokrasi.
Karena beberapa bulan setelah itu, akan ada Pemilu legislatif pada April 2014, dilanjutkan Pilpres. Belum cukup, masih akan disusul dengan pemilihan gubernur pada awal 2015.
Proses demokrasi yang tidak hentinya akan membuat masyarakat jenuh, sehingga mengakibatkan rendahnya pastisipasi pemilih. Hal itu jelas akan berdampak pada kualitas pemilu akan menurun pula. “Dengan pilkada satu putaran, mudah-mudahan bisa menekan tingkat kejenuhan masyarakat tersebut,” kata Koordinator Relawan Mahyeldi-Emzalmi (RAME), Isa Kurniawan, kepada wartawan, Kamis (26/9).
Ia mengatakan, dari beberapa pilkada yang sudah dilaksanakan di Sumbar seperti Payakumbuh, Sawahlunto, Padangpanjang dan terakhir di Pariaman, semua terlaksana hanya satu putaran. Bercermin dari itu, maka Pilkada Padang harus pula didorong untuk bisa satu putaran, tanpa mengurangi esensi demokrasi.
Dari pemikiran itu, maka beberapa tokoh masyarakat Padang yang tergabung dalam RAME mengimbau dan mengajak masyarakat yang memiliki hak pilih untuk mendorong pilkada satu putaran.
Menurut Isa, kebanyakan anggota RAME adalah tokoh-tokoh masyarakat dari berbagai latar belakang etnis, termasuk juga tokoh-tokoh perantau Limapuluh Kota/Payakumbuh (Gonjong Limo) dan Agam/Bukittinggi, serta Pauh Kuranji. Bergabung juga para pensiunan birokrat Padang dan Sumbar.
“Dengan tidak mengurangi rasa hormat kepada calon walikota dan wakil walikota lain, keberpihakan kepada pasangan Mahyeldi-Emzalmi karena kami menilai mereka telah berpengalaman dalam memimpin Kota Padang. Mahyeldi adalah sosok pekerja keras dan agamis,” kata dia.
Sementara Emzalmi diyakini mampu mengorganisir birokrat Pemko Padang untuk melayani masyarakat dengan semaksimal. Itu dikarenakan ia telah malang melintang di pemerintahan dengan jabatan terakhir, Sekda Padang.
Sementara Ketua Tim Pemenangan Mahyeldi-Emzalmi, Muharlion mengatakan mendapat dukungan dari relawan tersebut, jelas membuat semangat dan kepercayaan diri mereka semakin tinggi.
“Ini bukti kecintaan masyarakat kepada pasangan yang kami usung. Semoga bisa membawa Padang ke arah yang lebih baik,” katanya.
Terkait pilkada satu putaran, ia mengatakan jiga hanya berlangsung satu putaran, maka akan bisa dihemat anggaran mencapai Rp8,5 sampai Rp10 miliar. “Makanya kita juga berharap Pilkada Padang cukup satu putaran saja,” pungkasnya. (105)
 Sumber :  http://hariansinggalang.co.id/pilkada-padang-cukup-satu-putaran/

posted by @Adimin
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. PKS Padang - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger