Home » , » Gubernur Minta Pemko Aktifkan KA

Gubernur Minta Pemko Aktifkan KA

Written By @Adimin on Friday, September 20, 2013 | 7:47 PM

pkspadang.com—Gubernur Sumbar Irwan Prayitno me­minta keseriusan Pemko men­du­kung rencana pe­ngo­pe­ra­si­an kembali beberapa jalur kereta api (KA) di Padang yang selama ini mati suri.

“Yang penting komitmen. Kita minta komitmen dari Pemko Padang untuk men­du­kung ini,” kata Irwan dalam pertemuan antara Gubernur Sumbar dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre II dan Dinas Perhubungan di Rumah Dinas Gubernur Sumbar, ke­marin.

Gubernur mendukung ren­cana tersebut dan me­wac­a­nakan untuk mengaktifkan kembali seluruh jalur kereta api di Sumbar. “Hal ini dirasa penting guna mengatasi dan mengurai kemacetan yang terjadi di jalan raya, karena padatnya kendaraan saat ini,” ungkapnya.

Vice President PT KAI Div­re II Sumbar, Erfianto R Chan menyambut baik du­kungan dari Gubernur Sumbar ter­sebut. Dengan pengaktifan kem­bali jalur kereta api dalam kota, akan memberi banyak manfaat. “Di Padang, konsep yang cocok adalah kereta api komuter seperti di Ja­bo­de­tabek,” sebutnya.

KA komuter merupakan sistem transportasi kereta api banyak diterapkan di kota-kota besar di Pulau Jawa. “Saatnya nanti kalau KA ko­muter ini dioperasikan, dapat mengurai kemacetan. Anak-anak sekolah banyak meng­gu­nakan angkutan umum, bisa menggunakan angkutan KA ini,” ucap putra kelahiran Pa­ya­kumbuh itu.

Rencananya, kata Erfianto, akan dioperasikan jalur KA dari kawasan Simpangharu-Alai-Basko-Tabing-Lu­buk­bu­aya hingga Duku. Juga jalur Te­randam-Pulauair serta Sim­pangharu-Bukitputus. “Pada da­sarnya Gubernur sudah mem­­berikan lampu hijau,” pa­parnya.

PT KAI telah menertibkan sejumlah bangunan liar di beberapa lokasi jalur KA di Padang. “Jalur-jalur itu akan segera kita fungsikan sehingga tidak lagi ditempati mas­ya­rakat. Yang sudah itu kawasan Simpangharu-Terandam,” tu­tur­nya.

Kepala Dinas Per­hu­bu­ng­an, Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Sumbar, Mudrika berharap Pemko Pa­dang aktif menindaklanjuti ren­cana tersebut. “Kami minta Pemko proaktif,” ujarnya.

Wakil Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah men­du­kung rencana tersebut. “Apa­lagi Padang sudah ada jalur kereta api. Tinggal bagaimana jalur itu dihidupkan kembali,” katanya.

Saat ini, Pemko juga te­ngah menyiapkan sejumlah pe­ren­canaan transportasi ya­ng rencananya me­ngem­bang­kan transportasi massal. Di antaranya melalui transportasi kereta api dan bus massal.

“Kita juga buat peren­cana­an trasportasi kereta api dan bus massal di Padang. Tran­por­tasi massal ini akan banyak manfaat yang bisa kita da­pat­kan, mulai dari biaya murah, ja­minan keselamatan dan kea­ma­nan,” ujar Mahyeldi.(bis)

sumber : padek

posted by @A.history
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. PKS Padang - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger