Home » , » Mahyeldi: Pesantren Ramadhan Menjadi Pendidikan dgn Perspektif Budaya & Keagamaan

Mahyeldi: Pesantren Ramadhan Menjadi Pendidikan dgn Perspektif Budaya & Keagamaan

Written By @Adimin on Sunday, July 7, 2013 | 5:55 PM

Padang - Lautan manusia memenuhi Ruang Terbuka Hijau (RTH) Imam Bonjol, Sabtu (6/7). Mereka adalah siswa Kota Padang yang tengah mengikuti pencanangan pesantren Ramadhan ke-9 tahun 2013. Pesantren tahun ini diikuti 149.888 siswa.

Wawako Padang Mahyeldi Ansharullah, Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Maigus Nasir, Kabag Kesra Al Amin, bersama pejabat Pemko, guru dan KNPI hadir dalam pencanangan tersebut. Kegiatan pesantren Ramdhan ke-9 yang digelar 13 Juli hingga 5 Agustus 2013 pada 1.073 masjid dan mushalla.

Mahyeldi mengatakan, pelaksanaan pesantren ramadhan menjadi pendidikan dengan perspektif budaya dan keagamaan. Tujuannya, membentuk generasi berakarakter dan berakhlakul kharimah. “Sebagai masyarakat Minangkabau yang religius, kita harus memperhatikan pendidikan dengan perspektif keagamaan dan budaya,” katanya.

Sementara, insentif untuk guru TPA tahun 2013 dianggarkan sebanyak Rp2,16 miliar. Sedangkan untuk guru MDA sebanyak Rp648 juta.

“Dengan dana yang disediakan tersebut tentu Pemko Padang berharap guru TPA dan MDA lebih termotivasi membimbing siswa agar terwujud generasi yang memahami Alquran dan bekal ilmu agama cukup. Sebab, bila ilmu agama mereka cukup maka akan lebih terarah dalam hidup dan mampu mengatasi segala cobaan,” jelasnya.

Suasana semakin semarak ketika para siswa meneriakan yel-yel sekolah mereka masing-masing. Tak itu saja, berbagai spanduk pun banyak dibawa para siswa sehingga membuat pencanangan pesantren Ramadhan semakin meriah. Performance dan yel-yel masing-masing sekolah dinilai dewan juri untuk mencari paling favorit.

Peresmian pencanangan pesantren Ramadhan tersebut ditandai dengan pemukulan beduk serta pembagian hadiah bagi pemenang lomba qasidah dan syahril Quran.

Pada tempat yang sama, Ketua DMI Kota Padang, Maigus Nasir mengatakan, pesantren Ramadhan ini diikuti oleh 149.888 pelajar SD, SLTP dan SLTA se Kota Padang, serta sebanyak 23.943 guru pendamping.

Peserta terbaik dalam pencanangan pesantren Ramadhan ini adalah SMA 3, SMP 24, SMP 31 Padang, SMP 1 dan SD 10 Aur Duri. Masing-masing mendapatkan hadiah 1 unit televisi 21 inch.

Pemenang lomba qasidah rebana dan lomba syahril Quran juga diumumkan pada kesempatan itu. Untuk lomba qasidah rebana juara I diraih Kecamatan Lubuk Kilangan, juara II Kecamatan Padang Selatan, juara III Kecamatan Kuranji. Kemudian untuk pemenang Syahril Quran, juara I Kecamatan Koto Tangah, juara II Nanggalo, juara III Padang Barat.

Maigus menambahkan, setiap tahun pelaksanaan pesantren Ramadhan ini selalu dievaluasi. Dari tahun ke tahun selalu mengalami peningkatan kualitas dan program. [singgalang.co.id]


posted by @A.history
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. PKS Padang - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger