Home » , » Irwan Prayitno : Ispektorat Merupakan Mitra Kerja, Bukan Ancaman

Irwan Prayitno : Ispektorat Merupakan Mitra Kerja, Bukan Ancaman

Written By @Adimin on Wednesday, June 19, 2013 | 8:05 PM


Padang - Dalam rapat konsolidasi dan pemutakhiran data inspektorat yang digelar di Kota Padang, Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno menghimbau kepada Bupati/Walikota, Kepala SKPD ataupun pejabat agar tidak lagi berpikiran negatif ataupun mengedepankan rasa takut terseret kasus hukum, ketika menggunakan anggaran untuk pembangunan daerah. 

Untuk itu, para pejabat yang memiliki kebijakan anggaran diminta selalu berkonsultasi dengan satuan pengawas internal, inspektorat ungkapkan, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno seusai membuka rapat konsolidasi dan pemutakhiran data inspektorat dari 9 Provinsi, yang digelar di Padang. 

Menurut Gubernur Irwan Prayitno, inspektorat di Sumatera Barat bukan sekedar auditor yang menjalankan tugasnya mencari temuan-temuan kesalahan penganggaran, melainkan mitra kerja Pemerintah yang memberikan pembinaan dalam penyusunan dan pengelolaan keuangan daerah. 

Dengan demikian, indikator keberhasilan inspektorat saat ini bukan lagi ditentukan dengan banyaknya temuan kesalahan terhadap pengelolaan keuangan Pemerintah, akan tetapi inspektorat dinilai sukses jika pengelolaan dan penggunaan keuangan daerah minim dari kesalahan. 

Gubernur juga berpesan kepada pejabat daerah sebagai kuasa pengguna anggaran, pejabat pembuat komitmen, ataupun pimpinan proyek untuk tidak mengedepankan rasa takut oleh jeratan hukum dalam menggunakan anggaran pembangunan. 

Mereka dihimbau untuk rutin berkonsultasi dengan pengawas internal inspektorat, serta memperdalam pengetahuan dan pemahaman terhadap aturan pengalokasian anggaran. 

Gubernur Irwan Prayitno meyakini, jika seluruh kuasa penguna anggaran di daerah menjalin kemitraan yang baik dengan satuan pengawas internal, maka kemungkinan kesalahan pengalokasian dan penggunaan angaran daerah yang terjadi secara berulang, dapat diminimalisir. 

Rapat konsolidasi dan pemutakhiran data inspektorat yang digelar di Kota Padang, diikuti oleh seribu 115 orang perwakilan dari inspektorat wilayah 1, meliputi 9 Provinsi diantaranya, Banten, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur dan Sulawesi yang digelar mulai 12 sampai 14 Juni besok. (indowarta/TGS)


posted by @A.history
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. PKS Padang - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger