Home » , » Gubernur Sumbar, Launching Kawasan Rumah Pangan Lestari

Gubernur Sumbar, Launching Kawasan Rumah Pangan Lestari

Written By @Adimin on Friday, May 24, 2013 | 1:00 AM


Percepatan penganekaragaman konsumsi pangan, merupakan suatu hal yang harus mendapat perhatian serius baik dari Pemerintah maupun oleh masyarakat, sebab dari perkembangan konsumsi penduduk Indonesia saat ini masih menunjukkan kecendrungan belum beragamnya jenis pangan dan keseimbangan gizi yang ditunjukan. Hal demikian disampaikan oleh Gubenur Sumatera Barat Irwan Prayitno, Kamis (23/05) sore, pada acara pencanangan Kawasan Rumah Pangan Lestari di daerah Payo, Kelurahan Tanah Garam, Kecamatan Lubuk Sikarah, Kota Solok.

Menurut Gubenur Sumatera Barat, sebagai bukti akan keseriusan pemerintah terhadap permasalahan ini, Pemerintah telah mengeluarkan sebuah keputusan tentang ketahan pangan dengan Keputusan Presiden No. 22 Tahun 2009, untuk itu kepada masyarakat diharapkan juga bisa menyambut dan menyikapinya dengan serius.

Harapan pada tahun 2012, kecendrungan belum beragamnya jenis pangan dan keseimbangan gizi yang ditunjukan dari skor pola pangan. Untuk Nasional baru mencapai 75,4 % sedangkan untuk sumatera barat anggka PPH masih berkisar 77,5 %,.

Untuk Kota Solok sendiri, Irwan Prayitno menambahkan, bahwa saat ini telah tumbuh sebanyak 15 kelompok dengan anggota masing-masing kelompok sebanyak 10 keluarga, dimana mereka telah melakukan berupa kegiatan, yakni Kawasan Rumah pangan Lestari dengan focus kegiatan yang dilaksanakan oleh para ibu-ibu melalui optimalisasi pemamfaatan perkarangan.

Hal itu merupakan solusi yang tepat untuk menuju kosumsi masyarakat yang beragam, bergizi, seimbang dan aman.

“Selaku Pemerintah serta atas nama masyarakat Sumatera Barat menucapkan terima kasih kepada Kementrian Pertanian melalui Badan Ketahanan Pangan atas diluncurkannya kegiatan Kawasan Rumah Pangan Lestari untuk tahun ini di Propinsi Sumatera Barat “, jelasnya.

Sementara itu Walikota Solok, Irzal Ilyas mengucapkan terima kasih atas telah dialokasikannya dana bantuan social untuk KRPL di Kota Solok. Dengan adanya bantuan sebanyak 15 kelompok wanita di daerah tersebut, maka mereka dapat memamfaatkan dalam berbagai hal untuk menujang program ketahan pangan dengan sasaran optimalisasi pemamfaatan perkaranga.

“kalau program ini berjalan dengan baik tentunya akan bisa menumbuh kembangakan ekonomi masyarakat, dimana setelah mereka konsumsi sendiri tentunya nanti juga bisa mereka pasarkan dengan baik “, jelas Wako Solok.

Sementara itu dipilihnya daerah Payo sebagai tempat dilaksanakannya launcing KRPL ini, lantaran daerah tersebut merupakan kawasan sentra produksi dan kawasan usaha tani terpadu yang berorientasi bisnis, selain itu daerah ini memiliki potensi yang sangat besar dalam pengelolaan Tanaman, Perkebunan dan bahkan Peternakan sendiri. (*)

*padang-today.com

posted by @A.history
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. PKS Padang - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger