Home » , » Mahyeldi: Peran Bundo Kandung Sangat Diharapkan

Mahyeldi: Peran Bundo Kandung Sangat Diharapkan

Written By @Adimin on Saturday, April 27, 2013 | 4:30 PM




PADANG - Keberadaan Bundo Kanduang telah melekat dengan adat dan budaya Minangkabau, hal itu menjadikannya memiliki peran dan fungsi yang sangat strategis dalam menanamkan nilai-nilai adat dan budaya Minangkabau, terutama membentuk akhlak generasi muda.Disamping itu, peran Bundo Kanduang juga diharapkan mampu menyelesaikan permasalahan-permasalahan sosial lainnya baik itu di lingkungan keluarga, sanak famili, maupun di lingkungan tempat tinggal. 



Demikian diantaranya disampaikan Payuang Panji Bundo Kanduang Kota Padang yang juga Wakil Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah, SP pada acara pengukuhan pengurus Bundo Kanduang kelurahan se-Kecamatan Padang Barat di Palanta Kediaman Walikota Padang, Jumat (26/4). Turut dihadiri Camat Padang Barat Amasrul.

Dijelaskan Mahyeldi, dalam menyelesaikan segala macam bentuk persoalan dalam kehidupan bermasyarakat, tentunya memerlukan peran aktif serta seluruh lapisan masyarakat dengan dukungan penuh dari pemerintah.

“Untuk menumbahkan kembali adat dan budaya yang telah terkikis zaman diperlukan kebulatan tekad, konsistensi, dan rasa persatuan,” tegas Mahyeldi.

Ditambahkan, mengingat pentingnya keberadaan Bundo Kanduang dalam membentuk akhlak, menjadi tauladan bagi generasi muda, dan menumbuhkan nilai-nilai adat dan budaya, Bundo Kanduang harus bisa mewujudkan peran dan fungsi sebagai perempuan Minangkabau dalam menerapkan fungsi adat Minangkabau.

“Kelembagaan Bundo Kanduang harus diperkuat, dan Pemko Padang akan mendukung penuh setiap kegiatan Bundo Kanduang”, ujar Mahyeldi.

Sementara itu, Ketua Bundo Kanduang Kecamatan Padang Barat Fauzia Zainin menjelaskan, Bundo Kanduang Kecamatan Padang Barat terus membangun komunikasi dan menjalin kerjasama dengan Ninik Mamak, KAN, LKAAM, untuk membangkitkan kembali nilai-nilai adat dan budaya Minangkabau di wilayah Kecamatan Padang Barat.[LiL]

*padang.go.id


posted by @A.history
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. PKS Padang - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger